Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Inilah aqidah agung dan tinggi. Ia merupakan dasar pokok dari agama yang akan membuahkan hasil yang tiada taranya di semua aspek kehidupan.

Iman Kepada Allah SWT. dan asma-a serta sifat - Nya akan bermanfaat :
  • Menanamkan rasa cinta hamba kepada Khaliq - Nya (Allah) dan mengagungkan Allah SWT. dengan melaksankan segala perintah - Nya dan menjauhi semua larangan - Nya.
  • Mengerjakan perintah Allah serta meninggalkan larangan - Nya, menjadi suatu kebahagiaan yang sempurna dalam hidup di dunia dan akhirat kelak, baik bagi diri pribadi maupun bagi masyarakat.

Allah SWT. berfirman dalam Al Qur’an yang artinya :
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik  dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS. An-Nahl : 97)

Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Manfaat Iman dengan Malaikat
  • Kenal dengan kebesaran Allah SWT. dan mengetahui kebesaran - Nya serta kekuasaan - Nya.
  • Bersyukur kepada Allah SWT. atas perlindungan dan perhatian - Nya terhadap hamba – hamba - Nya dengan menugaskan kepada para malaikat untuk menjaga dan mencatat segala amal perbuatan hamba - Nya. Dan senantiasa memperhatikan maslahat hamba - Nya
  • Cinta kepada Malaikat dengan amal ibadah mereka yang sempurna dan Malaikat itu senantiasa memintakan ampun bagi orang – orang Mukmin.


Manfaat Iman dengan kitab – kitab
  • 1.       Mengenal Rahmat serta kasih sayang Allah SWT. serta inayah (perhatian) Allah terhadap hamba – hamba - Nya dengan menurunkan kitab sebagai pemberi petunjuk bagi umat manusia.
  • 2.       Adanya hikmat Allah SWT. dengan  menurunkan syariat dan ajaran agama dalam kitab – kitab tersebut yang sesuai bagi umat di zamannya. Dan kitab suci terakhir Al Qur’anul Karim cocok bagi semua umat manusia, di segala zaman hingga hari kiamat.
  • 3.       Syukur atas nikmat Allah SWT. dengan diturunkan - Nya kitab suci sebagai petunjuk dan bimbingan.


Manfaat iman kepada Rasul – Rasul
  • Mengetahui Rahmat dan Kasih sayang dari Allah atas perhatian - Nya kepada makhluk dengan mengutus Rasul – Rasul yang Mulia guna memberikan petunjuk dan bimbingan bagi umat manusia.
  • Bersyukur kepada Allah SWT.  atas nikmat - Nya yang besar ini.
  • Mencintai para Rasul dan memuliakan para Rasul dengan menempatkan sesuai dengan kedudukannya sebagai utusan Allah. Dan para Rasul adalah sebaik – baik hamba dalam ibadah, sabar dalam menyampaikan risalah dan dalam melaksanakan tugas.


Manfaat iman dengan hari kemudian
  • Senantiasa menjaga diri untuk selalu taat kepada Allah SWT.mengharapkan pahala di hari kemudian dan menjauhi segala larangan karena takut akan siksaan kelak di kemudian hari.
  • Kabar Gembira bagi orang Mukmin, bahwa kebahagiaan yang belum diperolehnya di dunia akan diterimanya di kemudian hari dan kekal.


Manfaat iman dengan qadha dan qadar
  • Berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. sebab dan akibat adalah termasuk qadha dan qadar yang telah ditentukan oleh Allah SWT.
  • Ketenangan jiwa dan ketetapan hati, apapun yang terjadi adalah atas kehendak Allah dan qadar - Nya. Kebahagiaan hidup dan ketenangan batin akan dirasakan dengan penuh keimanan kepada qadha dan qadar Allah SWT.
  • Di saat memperoleh kebahagiaan dan nikmat, segera bersyukur kepada Allah dan tidak merasa diri mempunyai satu prestasi yang luar biasa
  • Tidak goncang di saat – saat suatu keinginan tidak tercapai, karena itu semua adalah qadha dan qadar Allah SWT. Dia – lah yang mengatur segala apa yang ada di bumi dan apa yang ada di langit. Untuk itu hendaklah sabar dan Allah akan membalas kesabaran itu dengan pahala di sisi – Nya.


Allah SWT. mengisyaratkan dalam Al Qur’an, yang artinya :

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS. Al Hadid :22)
(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, (QS. Al Hadid :23)

Akhirnya kita berdo’a kepada Allah Yang Maha Kuasa untuk memelihara agar kita selalu berada dalam aqidah yang benar dan membuahkan manfaat – manfaat iman dan tidak dipalingkan - Nya hati kita sesudah mendapat petunjuk. Dan dilimpahkan Rahmat serta Karunia - Nya kepada kita semua. Sesungguhnya Allah itu Maha Pemurah dan Maha Pengatur bagi semesta alam.


Salawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW. dan para sahabat serta para pengikutnya yang saleh. Semoga kita sekalian termasuk di dalamnya. Amien....